Jumat, 06 Juni 2014

Semut Rangrang atau Kroto

Sejarah mencatat bahwa masyarakat Cina yang pertama kali menemukan manfaat semut rangrang bagi petni di perkebunan jeruk sejak 2.000 tahun yang lalu. Hal ini terkait dengan peran semut rangrang sebagai predator alami dari hama tanaman. 

Manfaat semut rangrang untuk tanaman telah dikenal dibanyak Negara. Para petani didaerah Delta Mekong, Vietnam, serta Indinesia (Kalimantan Timur) berbagai pengalaan mengenai peranan semut rangrang yang dapat meningkatkan kualitas buah. Buah yang dihasilkan menjadi lebih menarik dan segar. 

Tidak mengherakan memang, karena semut rangrang mengganggu, menghalangi, dan memangsa berbagai jenis hama seperti kepik hijau, ulat pemakan daun, dan serangga-serangga lain pemakan buah. Populasi semut rangrang yang  tinggi dapat mengurangi permasalahan serangan hama pada kebun jeruk dan juga tanaman hortikultura lainnya. Semut rangrang juga diketahui juga dapat melindungi tanaman Eucalyptus dan pohon-pohon kayu lainnya. 

Semut ini dapat melindungi tanaman kelapa dan cokelat dari serangan kepik sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas hasl panen, Bahkan, dibeberapa daerah diketahui bahwa semut rangrang juga dapat mengahalangi serangan tikus. Untuk mengetahui cara ternak semut rangrang silahkan klik di sini Cara Modern Budidaya Kroto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar