Jumat, 06 Juni 2014

Cara Merawat Indukan Kambing

Induk kambing yang habis beranak harus mendapatkan perawatan yang teliti. Pertama-tama kita harus terus memperhatikan tempat-tempat tertentu seperti: sekitar alat kemaluan, pantat, kambing, dan putting susunya, kalau kotor harus dibersihkan dengan air hangat hingga bersih. Setelah itu kambing kita raba secara pelan-pelan, usahakan memerah susunya sedikit. Hal ini untuk  mengeluarkan air susu yang rasanya asam, dan juga merangsang induk kambing agar nantinya tidak mengalami kesulitan bila anak-anak kambing itu akan menyusu.

Memang didalam mengawasi induk kambing sehabis melahirkan, pekerjaan kita tak ubahnya seperti dokter. Namun, pekerjaan itu harus kita lakukan kalau kita ingin mendapatkan hasil yang optimal.
Setelah semua pekerjaan itu selesai, kita harsu pula mikirkan cara-cara pemberian makanan buat induk-induk kambing yang habis melahirkan anaknya.

Perhitungan yang dikatakan baik oleh sementara peternak dengan cara memberikan makanan konsentrat dengan imbangan protein 1 :6 sejumlah 0,2 sampai 0,5 kg seharinya. Sedangkan anak kambing bisa kita berikan makanan seperti kalau saja nanti telah berumur kurang lebih 1 bulan atau setelah 1,5 bulan. Setelah anak kambing itu telah berumur 2 bulan, sebaiknya disapih dari induk kambing. 

Sebab dengan demikian kesehatan induk kambing akan lebih terjamin lagi.
Dalam menyapih anak kambing, jangan lupa kita harus ikut melatih agar anak-anak kambing itu bisa merumput sendiri, hingga tidak menggantungkan susu dari induknya. untuk lebih jelas cara merawat kambing silahkan klik di sini Ternak kambing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar